PriztianRyo-Tech. sharing about tech news,android,blog,internet,photosop,windows,and many more

Thursday, 12 October 2017

Cara Registrasi Ulang Nomor Prabayar Menurut KOMINFO

Cara Registrasi Ulang Nomor Prabayar Menurut KOMINFO
registrasi ulang nomor prabayar
Cara Registrasi Ulang Nomor Prabayar Menurut KOMINFO - Ya, pada hari ini banyak sekali yang mendapatkan sms dari Kominfo untuk melakukan registrasi ulang nomor prabayar semua kartu/nomor yang dimulai tanggal 31 Oktober 2017 mendatang. Saya sebagai admin priztianryo.net juga sempat mendapatkan sms itu tadi pagi, saya pikir tidak penting dan untuk apa registrasi ulang nomor prabayar itu?. Setelah banyak orang yang share di beranda Facebook, akhirnya saya pun mau tidak mau membaca artikel yang ada.

Ternyata, bukan hanya main-main saja registrasi ulang nomor prabayar ini adalah untuk mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan untuk kriminalitas dan terorisme serta memberikan perlindungan kepada konsumen. Pernahkah kamu mendapatkan sms penipuan tentang undian mobil atau uang? nah, registrasi ulang ini untuk meminimalisir kegiatan gelap seperti itu. 

Lalu apa bedanya ketentuan ini dengan yang sebelumnya?

Ketentuan Registrasi Sebelumnya

  • Registrasi menggunakan data Nomor Identitas, Nama, Alamat, Tempat/Tanggal Lahir, ROID (Retail/Outlet ID), Kode Pos.
  • Tidak terdapat proses validasi.
  • Hanya dapat dilakukan oleh gerai penyelenggara jasa telekomunikasi dan gerai milik mitra.
Ketentuan Registrasi Baru
  • Registrasi menggunakan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK yang tercantum pada KTP elektronik (KTP-el) dan Kartu Keluarga (KK).
  • Harus melalui proses validasi ke data yang tercatat di Ditjen DUKCAPIL
  • Dapat dilakukan oleh pelanggan yang bersangkutan, gerai penyelenggara jasa telekomunikasi, gerai milik mitra, menghubungi layanan contact center.
Cara Registrasi Ulang Nomor Prabayar Menurut KOMINFO
registrasi ulang nomor prabayar
Cara Registrasi Ulang Nomor Prabayar Menurut KOMINFO
registrasi ulang nomor prabayar
Seperti gambar diatas, registrasi ulang / registrasi baru nomor prabayar ini memerlukan NIK (Nomer Induk Kependudukan) yang terdapat pada KTP dan juga nomor KK (Kartu Keluarga). Disitu juga menjelaskan bahwa bagi yang registrasi ulang sendiri hanya dapat menggunakan 3 nomor dalam 1 NIK saja. Untuk ke 4 dan seterusnya kamu perlu ke gerai untuk proses registrasi ulang. 


Bagi yang membeli kartu perdana untuk diambil kuotanya saja dan setelah habis beli lagi ini sangatlah dibuat bingung. Ya, karena kita tidak bisa membeli perdana yang kuota banyak untuk sekali pakai lagi. Perlu kamu ingat, registrasi ini mempunyai batas waktu hingga 28 Februari 2018. Jika kamu belum registrasi ulang, maka kartu tadi akan hangus. Untuk registrasi sendiri kamu bisa mengetik pada sms seperti dibawah ini:

NIK#Nomor KK# kirim ke 4444

contoh:

1234567890123456#3201060401130027# kirim ke 4444

Ok, sampai disini dulu postingan saya kali ini. Semoga tanggal 31 Oktiber 2017 besok kamu bisa registrasi ulang nomor prabayar kartu 3, xl, indosat, smartfren, telkomsel, axis dll. Pada tanggal itu juga saya akan membuat tutorial lagi. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam tutorial kali ini. Saya minta maaf yang sebesar-besarnya. 

Sampai Jumpa.

No comments:

Post a Comment